Yang Harus Kamu Tahu!! 9 Masalah Kesehatan yang Paling Sering Menyerang Kaki, Mungkin Anda Juga Pernah

Yang Harus Kamu Tahu!! 9 Masalah Kesehatan yang Paling Sering Menyerang Kaki, Mungkin Anda Juga Pernah
Tahukah Anda jika kaki memiliki 42 otot, 26 tulang, 33 sendi, 50 ligamen, dan 250.000 kelenjar keringat? Saking menakjubkannya, kaki merupakan bagian tubuh yang mampu menopang berat badan saat Anda melakukan berbagai aktivitas. Termasuk berjalan, berlari, dan lainnya. Namun sayangnya, aktivitas yang padat seringkali membuat Anda tidak menyadari bahwa kaki Anda juga bisa terluka.

Dilansir dari Laman hellosehat.com, Akibatnya, kaki bisa mengalami cedera, peradangan pada tulang, ligamen, atau tendon pada kaki. Lebih jelasnya, simak macam-macam masalah dan penyakit kaki yang paling sering terjadi berikut ini.
Berbagai masalah dan penyakit kaki yang paling umum

1. Lecet pada kaki
Penggunaan sepatu baru atau ukuran sepatu yang tidak pas seringkali menyebabkan luka atau lecet pada kaki. Jika terjadi luka atau lecet pada kaki, Anda bisa mengobatinya dengan membersihkan area kaki yang terluka tersebut, menggunakan salep antibiotik, lalu menutupinya dengan perban.

2. Kuku kaki yang tumbuh ke dalam (cantengan)
Kuku kaki yang tumbuh ke dalam seringkali membuat serba salah. Jika dibiarkan, membuat Anda gemas. Namun jika diambil dengan cara yang kurang tepat, seperti ditarik paksa, maka akan menyebabkan infeksi.

Penyakit kaki yang sering disebut cantengan ini biasanya disebabkan karena tekanan sepatu, infeksi jamur, atau struktur kaki yang buruk. Untuk mencegah terjadinya infeksi, Anda perlu memotong bagian kuku tersebut dengan pemotong kuku. Saat Anda memotong kuku kaki Anda, gunakan gunting kuku yang lebih besar dan hindari memotong kuku sampai pendek, karena ini juga bisa menyebabkan kuku kaki atau infeksi tumbuh ke dalam.


3. Kapalan
Kapalan biasanya disebabkan karena tekanan atau gesekan yang berlebihan sehingga menimbulkan terjadinya penebalan atau pengerasan pada kulit kaki.

Biasanya, kapalan muncul pada telapak kaki, tumit, atau jari kaki yang seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman atau nyeri saat beraktivitas atau berjalan. Bagian kaki yang mengalami kapalan biasanya akan berwarna kekuningan dan cenderung menjadi kurang sensitif terhadap sentuhan.

Untuk mecegah terjadinya kapalan, Anda perlu menggunakan sepatu yang pas, karena penggunaan ukuran sepatu yang salah bisa menimbulkan terjadinya kapalan.

4. Asam urat
Asam urat merupakan bentuk radang sendi yang bisa menyebabkan rasa sakit pada jari kaki. Hal ini disebabkan oleh adanya kristal asam urat yang menumpuk di sendi kaki, sehingga menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan pada kaki.

Jika terjadi asam urat pada kaki, biasanya, jari kaki akan terasa hangat, berwarna kemerahan, bengkak, dan terasa sakit jika disentuh. Untuk mengobatinya, Anda bisa mengistirahatkan kaki, mengompres kaki dengan es, menghindari konsumsi makanan yang bisa memperparah asam urat, dan menggunakan obat yang disarankan oleh dokter.


5. Bunions
Bunion adalah tonjolan tulang di sepanjang tepi kaki, tepatnya di samping dasar jempol kaki. Bunions memiliki berbagai penyebab, termasuk kelainan bentuk bawaan, radang sendi, trauma, dan faktor keturunan.

Biasanya, bunions akan terasa menyakitkan jika Anda menggunakan sepatu. Bahkan penggunaan sepatu yang terlalu sempit seringkali dikaitkan dengan penyebab terjadinya bunions.

Untuk mencegahnya, Anda perlu menghindari penggunaan sepatu yang salah atau terlalu sempit. Jika bunions terasa menyakitkan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

6. Sakit tumit
Sakit pada tumit kaki biasanya disebabkan oleh iritasi atau pembengkakan jaringan keras yang menghubungkan tulang tumit ke jari kaki. Sakit pada tumit ini biasanya paling parah terjadi di pagi hari saat Anda bangun tidur.

Untuk mengobatinya, Anda bisa mengistirahatkan kaki Anda, bentangkan tumit dan otot kaki, pakailah sepatu dengan lengkungan yang bagus dan alas kaki yang empuk, serta Anda bisa konsumsi obat penghilang rasa sakit.

7. Taji tumit
Selain sakit pada tumit, penyakit taji tumit juga merupakan penyebab nyeri pada kaki. Penyakit ini timbul karena adanya pertumbuhan tulang yang abnormal di bagian bawah tumit Anda.

Taji tumit bisa disebabkan karena penggunaan sepatu yang salah, postur yang tidak normal, atau aktivitas berlari. Sayangnya, penyakit ini seringkali tidak menimbulkan rasa sakit.

Untuk mengobatinya, Anda perlu mengistirahatkan kaki Anda, menggunakan orthotic yang dipakai di sepatu, menggunakan sepatu yang pas, serta melakukan terapi fisik. Bila penyakit ini terus menimbulkan rasa sakit, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter.

8. Hammertoes
Hammertoes adalah salah satu penyebab nyeri pada kaki yang ditandai dengan kecacatan atau kerusakan sendi yang paling dekat dengan ibu jari kaki. Penyakit kaki yang satu ini juga dikenal sebagai kelainan bentuk pada sendi tengah jari kaki sehingga sulit untuk diluruskan yang menyerupai bentuk palu. Biasanya, hammertoes sering disebabkan oleh penggunaan sepatu yang tidak pas.

9. Varises
Varises merupakan pembengkakan dan pelebaran darah vena yang biasa terjadi pada bagian kaki akibat penumpukan darah. Varises biasanya ditandai dengan pembuluh vena yang terlihat menonjol keluar berwarna biru atau ungu tua.

Penyebab terjadinya varises diantaranya adalah riwayat keluarga, pertambahan usia, kelainan pada katup pembuluh darah, kehamilan, obesitas, faktor hormonal, pil KB, kebiasaan menggunakan pakaian ketat (seperti celana, pakaian dalam, dan sepatu), serta penyakit tertentu seperti penyakit jantung dan hati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yang Harus Kamu Tahu!! 9 Masalah Kesehatan yang Paling Sering Menyerang Kaki, Mungkin Anda Juga Pernah"

Post a Comment